Software-Software Catur Yang Ada Di Konsol-Konsol Game Terkenal

Selain dimainkan di peralatan komputer seperti komputer desktop, notebook atau netbook, sofware game catur juga bisa dimainkan di konsol-konosl game terkenal. Kita semua sudah pada tahu bahwa software catur di komputer memang sangat canggih dan sangat membantu para pecatur untuk belajar dan meningkatkan kemampuannya di bidang catur. Tapi bagaimana dengan di konsol game seperti Playstation, PS2, PS3, XBOX, Nintendo dan lain-lainnya. Pasti ada bedanya doong. Di sekitar kita begitu banyak tempat-tempat rental/persewaan game PS ini yang biasanya didominasi oleh anak-anak. Pada umumnya mereka yang datang ini main game sepakbola, racing atau fighting. Bagaimana dengan game caturnya? Unsur hiburan/refreshing lebih dominan daripada unsur belajar kalo main catur di PS. Kualitas grafis dan kecepatan mesin processor yang tertanam di masing-masing konsol game jelas menentukan kekuatan game caturnya. Prinsipnya semakin canggih dan baru mesinnya umumnya kemampuan software caturnya juga akan lebih bagus. Tapi secara umum game-game di Konsol game masih kalah jauh dalam hal kekuatan dan fitur dengan software-software catur yang biasa diinstall di PC. Contohnya dalam fitur DATABASE CATUR. Menurut saya, catur di konsol game ini lebih cocok untuk anak-anak yang tertarik catur tapi masih pemula dan belum serius dan lebih suka main PS-an. Kita akan men-sharing topik ini pada posting hari ini.

Salah satu software catur yang menarik di konsol game Playstation 3 yang lebih mengedepankan kualitas grafis pertarungan karakter buah caturnya (yang berupa manusia/monster) daripada permainan caturnya sendiri adalah Battle vs Chess For PS3. Bermain catur di PS3 ini lebih diutamakan hiburannya daripada pembelajaran caturnya.

Informasi lengkap tentang Battle vs Chess for PS3 bisa diakses di alamat:
http://www.ps3blog.net/2010/09/11/battle-vs-chess-coming-to-ps3-sep-28th/
Game catur lainnya yang sangat baik adalah Fritz dan Chessmaster yang juga dimainkan di konsol PS3. Fitur-fitur pada kedua software ini tentu tidak secanggih yang versi PC. Dengan kedua software ini lebih cocok kalo untuk belajar caturnya daripada mengejar unsur hiburannya. Berikut ini daftar software-software catur yang ada di console-console game yang terkenal:

Playstation (PS1)

Chessmaster II
Chess For Playstation
Chessmaster 3-D
Virtual Kasparov

Playstation 2 (PS2)

Chessmaster
Play It Chess Challenger
War Chess
Chess Crusade
Master Chess

Playstation 3 (PS3)

Chessbase Fritz
Battle vs Chess

Playstation Portable (PSP)

Konami Chess Battle
Chessmaster PSP
Online Chess Kingdom

Microsoft XBOX 360

Chessmaster
Chessmaster Live
Dragon Chess
Jungle (Animal Chess)

Nintendo Wii

Wii Chess
Chess Crusade
Chess Challenge!
Silver Star Chess

Hobi catur, tidak punya komputer tapi punya konsol game. Bisa kok main catur! Pastinya kita akan mendapatkan pengalaman dan keasyikan tersendiri ya!

GENS UNA SUMUS.

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments