Apa Saja Yang Dikatakan Magnus Carlsen - Pecatur Dengan ELO Rating Tertinggi No-1 di Dunia

Kita semua rasanya sepakat bahwa pecatur muda dari Norwegia yang bernama Magnus Carlsen ini sungguh luar biasa prestasinya di dunia catur. Bahkan saat ini sudah mencapai puncak keemasannya dengan memiliki ELO Rating tertinggi alias No.1 di dunia (per 1 Januari 2011 ratingnya 2814) dari semua pecatur yang ada di planet bumi ini. Meraih gelar Grandmaster dalam usia yang sangat muda sekali (13 tahunan), menjuarai berbagai turnamen catur elit dunia, menjadikan pecatur ini banyak digrandrungi oleh insan catur di dunia. Mungkin yang belum dicapainya adalah memenangkan Dwi Lomba Kejuaraan Dunia Catur yang akan menjadikannya sebagai JUARA DUNIA CATUR SEJATI. Saat ini gelar resmi Juara Dunia Catur masih dipegang pecatur India GM Viswanathan Anand. Pasti banyak dari kita yang ingin tahu apa rahasianya. Bagaimana pemikirannya. Kisah hidupnya, termasuk kerja samanya dengan mantan juara dunia GM Garry Kasparov (Rusia). Posting berikut ini berisi sebuah wawancara Carlsen dengan wartawan. Mari kita ikuti bersama apa saja yang diomongkan GM Magnus Carlsen!

Berapa banyak langkah ke depan anda bisa menghitung?

Carlsen: Itu tergantung pada situasi permainan. Kadang-kadang 15 sampai 20. Tapi triknya sebenarnya adalah harus MAMPU MENILAI POSISI SECARA AKURAT pada akhir KALKULASI.

Anda menjadi grandmaster pada usia 13 tahun, empat bulan dan 27 hari. Apakah itu bukan karena kecerdasan Anda?

Carlsen: Saya tidak mengatakan bahwa saya benar-benar bodoh. Tetapi keberhasilan saya terutama berkaitan dengan fakta bahwa saya memiliki kesempatan untuk belajar lebih baik, dan yang penting lebih cepat. Hal ini karena saat ini lebih mudah untuk mendapatkan informasi. Para pemain dari Uni Soviet berada pada keuntungan yang sangat besar, di Moskow, mereka memiliki akses ke arsip luas, dengan permainan tak terhitung dan secara hati-hati dicatat pada kartu indeks. Ketika siapa pun dapat membeli data pada DVD untuk 150€; satu disk berisi 4,5 juta partai. Dan tentu saja saya mulai bekerja dengan belajar catur dengan komputer lebih awal dari Vladimir Kramnik atau Viswanathan Anand.

Kapan tepatnya?

Carlsen: Sekitar sebelas atau dua belas tahun. Saya menggunakan komputer untuk mempersiapkan turnamen, dan aku juga bermain catur online di Internet. Saat ini, anak-anak mulai menggunakan komputer pada usia yang lebih muda lagi, mereka sudah mempelajari catur di komputer. Kemajuan teknologi menjadikan pemain top tercapai dalam usia yang lebih muda dan lebih muda lagi, di mana-mana di dunia.

Apakah keuntungannya menjadi pecatur top berusia muda dalam catur modern?

Carlsen: Sebagai pemain muda Anda memiliki banyak energi, banyak kekuatan, Anda sangat termotivasi. Namun pemain muda sering tidak pandai mempertahankan posisi; mereka tidak dapat mengatasi dengan baik ketika nasib berbalik melawan mereka. Faktanya adalah bahwa pengalaman adalah isu sentral. Salah satu hal paling penting dalam catur adalah pengenalan pola: kemampuan untuk mengenali tema khas dan gambar di papan tulis, karakteristik posisi dan konsekuensinya. Untuk tingkat tertentu Anda dapat belajar dalam pelatihan, tetapi tidak ada yang suka bermain komputer secara rutin. Saya selalu memastikan untuk melakukannya. Saya hanya 19 tahun, tapi saya pasti sudah memainkan ribuan partai dalam gaya klasik.

Kapan kamu mulai bermain catur?

Carlsen: Aku pasti sudah melakukannya pada usia lima setengah atau enam tahun. Ayahku mengajari kakak saya tertua, Ellen, dan aku aturan catur. Tidak seperti Ellen, saya tidak terlalu tertarik, aku nakal dan segera berhenti lagi. Tidak sampai usia saya delapan tahun, saya mulai menempati diri dengan catur lagi.

Apa sebenarnya yang Anda lakukan?

Carlsen: Aku mengambil papan dan merekapitulasi game untuk diriku sendiri yang ayah saya menunjukkan saya pada saat itu. Mengapa ini atau melangkah ke sana? Saya menemukan rahasia dari permainan untuk diriku sendiri. Itu menarik. Lalu, setelah beberapa bulan, saya juga membaca buku tentang pembukaan catur.

Tidak ada pengalaman penting?

Carlsen: Aku melihat Ellen, adik saya, bermain. Saya pikir saya ingin mengalahkan dia itu.

Dan?

Carlsen: Setelah permainan dia tidak menyentuh papan catur lagi selama empat tahun.

Kapan kamu mulai bermain dalam turnamen?

Carlsen: Beberapa saat kemudian. Ayah saya bilang, kalau aku dilatih sedikit lebih saya mungkin bisa mengambil bagian dalam kejuaraan Norwegia di bawah 11 tahun. Saya berpikir sendiri: Oh, ya mungkin menyenangkan. Hasil saya memang baik. Aku memenangkan turnamen tahun berikutnya.

Ayahmu adalah pemain klub yang ambisius. Kapan Anda pertama kali mengalahkannya?

Carlsen: Tepat sebelum ulang tahun kesembilan saya, dalam permainan catur kilat.

Di kelas catur Anda, apakah Anda dilatih sebagai sistematis sebagai keajaiban mantan anak Rusia?

Carlsen: Tidak, aku bukan pemikir disiplin. Organisasi bukanlah hal saya, saya sedang kacau dan cenderung malas. Pelatih saya mengakui itu dan sebagai sebuah aturan memungkinkan saya untuk berlatih apa pun yang saya merasa seperti pada saat itu.

Apakah Anda termasuk jenius yang ceroboh?

Carlsen: Saya tidak jenius. Ceroboh? Mungkin. Ini seperti ini: Ketika saya merasa baik, saya melatih banyak. Ketika aku merasa tidak enak, saya tidak repot-repot. Aku tidak suka bekerja untuk jadwal. Belajar sistematis akan membunuhku.

Untuk waktu yang lama Anda adalah pemburu dalam catur, sekarang bahwa Anda adalah nomor satu, Anda sekarang diburu. Apakah Anda menyadarinya?

Carlsen: Tentu saja. Tekanan telah meningkat, semua orang ingin mengalahkan saya. Saya juga melihat tanggung jawab berkembang karena struktur permainan, karena lawan saya menolak untuk melakukannya. Mereka lebih berhati-hati daripada setahun yang lalu.

Bagaimana Anda menghadapi itu?

Carlsen: Tanpa masalah sejauh ini. Aku masih tidur nyenyak dan panjang. Saya merasa kasihan pada pemain yang selalu berbaring terjaga di malam hari, mengamati permainan mereka. Beberapa rekan benar-benar menjadi depresi selama turnamen panjang. Saya menikmati bermain squash atau tenis untuk relaksasi, saya menonton serial televisi di DVD.

Apakah Anda memiliki klub favorit?

Carlsen: Real Madrid, keren-elit.

Banyak pemain sepak bola menggunakan musik untuk mendapatkan mood sebelum pertandingan. Apakah Anda melakukan ini jugasebelum duduk di depan papan catur?

Carlsen: Oh, ya. Jika saya merasa suram sebelum pertandingan, saya mendengarkan musik yang sesuai.

Untuk tahun sekarang Anda telah bekerja dengan Garry Kasparov, yang mungkin adalah pemain catur terbaik sepanjang masa. Apa bentuk kerjasamanya? Kasparov adalah guru, murid Anda?

Carlsen: Tidak Dari segi kemampuan. Kita bermain dan kita tidak sejauh itu terpisah. Ada banyak hal saya lebih baik daripada dirinya. Dan sebaliknya. Kasparov dapat menghitung alternatif yang lebih, sedangkan intuisi saya lebih baik. Aku langsung tahu bagaimana untuk menilai sebuah situasi dan apa rencana yang diperlukan. Saya jelas lebih unggul daripada dia dalam hal ini.

Bagaimana dia (Kasparov) berguna bagi Anda?

Carlsen: Dia masih memiliki banyak ide yang tidak terpakai dalam pembukaan. Dan fakta bahwa ia telah bermain melawan sebagian besar lawan saya sendiri adalah sangat berharga. Dia mampu memprediksi mood mereka berada, bagaimana mereka akan membuka permainan. Sedang aku tidak bisa melakukan itu.

Berapa lama Anda ingin bekerja dengan dia?

Carlsen: Kerja sama ini kini telah memasuki tahap berikutnya. Kami mencapai tujuan kami untuk menjadi nomor satu dan tujuan utama telah tercapai. Kami memutuskan bahwa di masa depan saya harus bertanggung jawab untuk semua karir keputusan, tanpa bimbingan konstan dari Garry, sebelum dan selama acara.

Anda akan berpisah?

Carlsen: Tidak Kami tetap berhubungan dan saya memiliki kesempatan untuk berunding dengan Garry secara teratur. Saya juga akan mengikuti pelatihan sesi dengan dia. Saya ingin menekankan: 12 bulan terakhir dia sangat bernilai besar untuk saya, dan saya terus mendengarkan saran Garry.

Sumber, diterjemahkan dengan Google Translate + diperhalus hasil terjemahannya oleh penulis dari:
http://www.chessbase.com/newsdetail.asp?newsid=6187

GENS UNA SUMUS.

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments