Robert Houdart Ilmuwan Yang Juga Programmer Engine Catur Hebat Yang Sedang Tenar Saat Ini - HOUDINI

Man Behind The Gun, begitu kata pepatah. Atau di balik senjata/alat/mesin yang hebat ada arsitek orang pembuat mesin/alat yang tentu juga pandai. Dalam bahasa catur (khususnya engine catur), bisa dimaknai di balik engine catur yang sakti/digdaya ada programmer yang tentu juga hebat pula. Dunia komputer catur selalu berkembang pesat dari waktu ke waktu seiring dengan perubahan kemajuan di dunia teknologi informasi/komputer yang cepat pula. Kalo dahulu sekali, program catur yang bernama Chessmaster sudah kelihatan wah dan hebat. Kemudian muncullah software catur yang dinamai Fritz, yang kala itu dianggap sudah luar biasa dengan kemampuannya yang begitu hebat. Era itu berakhir seiring dengan semakin banyaknya engine-engine catur yang bermunculan sejak engine catur Fruit 2.1 dengan kemampuannya yang sangat kuat sekali yang open source. Sebelum munculnya Furit, ada engine Crafty yang sudah terkenal sejak dulu (lihat saja versi dari Crafty berapa). Sejak munculnya Fruit, mulailah bermunculan engine-engine catur yang kemampuannya mumpuni misalnya Toga, Hiarcs, Shredder, Glaurung, dll. Dan yang bikin heboh adalah kemunculan engine Rybka 1.0 di akhir tahun 2005 yang langsung menggebrak dengan membantai lawan-lawannya. Setelahnya, para programmer berlomba-lomba untuk menciptakan engine catur yang sangat kuat dan berambisi bisa mengalahkan Rybka. Munculnya engine baru macam Naum, Zappa Mexico, Stockfish, dll. termasuk geng-nya Ippolit/Iggorit/Robolito/Fire dan konco-konconya yang dianggap meng-kloning Rybka semakin meramaikan persaingan. Sampai saat terakhir engine Rybka (terbaru versi 4) masih belum terkalahkan, hingga munculnya engine catur terbaru yang bernama tukang sulap yaitu HOUDINI yang versi terbarunya versi 1.5 bagaikan SULAPAN mampu mengungguli si sakti Rybka setidaknya menurut rating versi IPON. Siapakah manusia/programmer (pembuat) di balik engine Houdini 1.5? Kita akan membahasnya pada posting ini hari...

Kalo engine RYBKA, kita semua tahu. Pembuatnya adalah MI Vasik Rajlich. Tapi siapakah programmer komputer yang membuat engine catur Houdini? Dia adalah seorang ilmuwan berkebangsaan Belgia bernama Robert Houdart. Houdart adalah programmer atau pembuat software catur yang juga menggemari ASTRONOMI dengan TELESKOP REFLEKTOR kebanggannya yang canggih. Selain menyukai astronomi, Houdart juga seorang penggemar catur meskipun tidak sampai tingkat master (ELO Ratingnya saat ini 2101). Dia bermain catur di waktu luangnya, hingga membuat engine catur hebat yaitu Houdini 1.5. yang sekarang sedang bertarung lawan engine-engine catur top dunia di TCEC 2011. Sampai babak ke-5 TCEC 2011, Houdini 1.5 masih memimpin dengan 4x menang 1x draw dan belum terkalahkan, termasuk sudah membekuk engine juara yaitu Rybka 4. Houdini 1.5 hanya draw dengan memegang buah hitam di babak ke-5 lawan engine pendatang baru Critter 0.9. Engine Houdini pertama kali dirilis Houdini 1.0 pada 15 Mei 2010.

Profil Houdart:

Professional background of Sir Robert Houdart ( Belgia ):

"I am a mechanical engineer with a soft spot for mathematics and software development. From 1991 to 1999 I was employed by Tractebel Engineering to analyze earthquake and impact resistance of nuclear piping systems. You can see some of the products I worked on in this web site for EditPipe. Since 1999 my main activity has been the design and development of two web-based CRM applications: first eLink, and since 2005 Efficy. The latter application has been selected by the IT magazine Data News as one of the "Top 10 Products for 2006". "

Hal-hal lain tentang Robert Houdart saya belum mengetahuinya. Mungkin lain kali, kalo browsing dan nemu yang lainnya, kita tambahkan di sini.

Foto Robert Houdart (dengan Teleskop kesayangannya) bisa diakses di alamat:
http://www.open-chess.org/viewtopic.php?f=3&t=228

Tentang engine catur Houdini bisa dilihat di situs resminya di alamat:
http://en.wikipedia.org/wiki/Houdini_chess_engine
http://www.cruxis.com/chess/houdini.htm
Pengen mendownload dan mencoba engine Houdini terbaru (sampai posting ini dibuat terbaru versi 1.5)? Klik Di Sini!

Partai-partai Catur Robert Houdart di situs 365chess.com bisa dilihat di alamat:
http://www.365chess.com/players/Robert_Houdart

Profil Robert Houdart di situs resmi FIDE:
http://ratings.fide.com/card.phtml?event=202185

Teman-teman ada informasi lain tentang TOKOH INSAN CATUR kita yang satu ini (Robert Houdart)? Sharing Doong!

GENS UNA SUMUS.

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments