Software-Software Catur Untuk Sparring Catur Offline Tanpa Internet

Kita semua tahu bahwa Sparring Catur bisa dilakukan secara online via internet lewat server-server catur online yang ada seperti yang kebanyakan kita lakukan. Selain itu bisa juga dengan teknologi tanpa harus lewat server dulu atau biasa disebut dengan teknologi Peer To Peer (P2P). Kelebihannya catur online P2P ini adalah kemudahan dan kecepatannya yang tentu jauh lebih baik daripada harus lewat server. Sedang kekurangannya adalah sangat miskin fiturnya dibanding jasa catur online yang ada saat ini. Lain kesempatan kita akan sharingkan Sparring Catur Online dengan Teknologi P2P ini. Selain via online di internet, sparring catur bisa dilakukan secara OFFLINE alias tanpa butuh koneksi internet. Tentu cara ini lebih ekonomis karena kita tidak harus membayar koneksi di internet dan soal kecepatan tentu cara dengan akses paling cepat karena tidak ada data yang harus didownload. Tetap simak ya...

Software catur sparring offline yang baik sebaiknya bisa memenuhi persyaratan di antaranya:


1.Harus memiliki tingkat level yang luas. Mulai level baru bisa, beginner, intermediate hingga tingkat master. Syukur bisa mengemulasi kekuatannya berdasarkan ELO Rating. Apalagi kalo bisa mengemulasi Gaya Permainannya tentu akan lebih baik lagi.

2.Bisa menyimpan permainan. Bisa bermain berdasarkan posisi/opening tertentu yang kita pilih. Syukur-sykur kalo menyimpan partainya bisa secara otomatis.

3.Memiliki tampilan grafis yang cukup baik. Bisa 2 Dimensi atau lebih baik lagi kalo bisa 3 Dimensi.

4.Engine/Otak Caturnya bisa diganti-ganti berdasarkan protokol Winboard dan atau UCI.

5.Ada menajemen rating untuk kenaikan tingkat kesulitan lawan. Misalnya kalo menang rating bertambah dan kalo kalah rating berkurang.

Apa lagi yang lain ya?

Diantara banyak software catur untuk sparring catur dengan komputer offline, menurut saya yang terbaik di antaranya adalah:

Fritz (dan keluarga Chessbase lainnya)

Software catur ini amat sangat termasyhur dan telah dipakai oleh pecatur dari berbagai kalangan dan level, mulai dari pemula hingga level Grandmaster dan pecatur serius! Dengan pelevelan yang luas. Di antaranya adanya Handicap mode (misalnya minta Voor materi). Kemudian adanya rated game. Emulasi ELO Rating berdasarkan kekuatan engine. Dan tentunya kita bisa menganalisa partai dengan keterangan komentar yang sangat baik, seolah manusia (Grandmaster) yang menganalisanya. Belum lagi dengan fitur manajemen database yang sangat handal yang dibutuhkan bagi para pecatur serius.
Situs resminya: http://www.chessbase.com
Chess Master

Software ini amat sangat terkenal sejak dulu dan salah satu yang terbaik untuk sparring catur offline. Salah satu software catur dengan tampilan grafis yang terbaik. Sangat baik karena adanya level yang sangat luas pilihannya, utamanya berdasarkan ratingnya. Fitur unik dan cuma satu-satunya di CM adalah adanya sparring lawan pemain catur 'VIRTUAL' (yang ada fotonya) dengan berbagai gaya bermain, sangat manusiawi seolah bermain dengan manusia sungguhan. Rating Mode yang tidak bisa Take Back, dll. Belum lagi fitur-fitur belajar catur lainnya yang sangat lengkap. Meskipun mempunyai kelemahan sumber daya yang sangat besar sehingga komputernya harus canggih.
Situs resminya: http://chessmaster.us.ubi.com/xi/pcFeatures.php
Chess Genius

File programnya kecil, interfacenya sederhana. Ada levelnya berdasarkan waktu dan kedalaman langkah. Yang paling saya suka di antaranya adalah adanya level INSTANT MODE yang mana komputer langsung jalan, seolah tanpa berpikir, karena kadang ada pecatur yang tidak suka menunggu lama lawan komputer. Tapi herannya langkahnya masih lumayan akurat. Jangan meremehkan Chess Genius karena berdasarkan pengalaman tidak seberapa mudah menundukkannya. Yang baik juga ada tingkat kesulitan Easy Level bagi pemula. Hasil partai tentu saja bisa di-save!
Situs resminya: http://www.chessgenius.com/pc/index.html
Lukas Chess

Salah satu yang terbaik dan yang paling saya sarankan selain Chess Master. Engine caturnya bisa diganti. Level skill caturnya luas dan beragam. Ada level untuk Pemula sekali. Ada beginner dalam berbagai level. Amateur, Candidat Master, Master bahkan Grandmaster! Juga terdapat training untuk taktik, ending. Bisa bermain catur via jaringan LAN (lokal) atau lewat internet dengan teknologi P2P (tanpa lewat server catur di internet lebih dulu)!. Fitur menarik adalah jika seorang pecatur belum bisa menang di level 2 misalnya, dia tidak bisa naik levelnya ke level yang lebih tinggi (level 3) jika belum menang lawan yang level 2 2x HITAM-PUTIH. Dan yang paling saya suka dari Lukas Chess adalah, partai hasil permainan akan OTOMATIS LANGSUNG TERSIMPAN DALAM FILE DATABASE (pgn format). Dan masih banyak lagi yang lainnya.
Situs resminya: http://lukasmonk.110mb.com/
Dan masih lagi yang lainnya... misalnya Kasparov Chessmaste, Chess Partner, Shredder Classic, Scid Chess, dll...

Apa ada lagi menurut teman yang lebih baik lagi dari 3 (tiga) software di atas?

GENS UNA SUMUS.

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments