Fakta Menarik Tentang Catur


10 FAKTA MENARIK DARI “CATUR”

catur keren
Fakta-fakta unik,,,
yang berkaitan dengan catur yang menjadikannya salah satu permainan yang sangat populer di kalangan masyarakat. Sejarah telah menghasilkan pemain catur yang sangat hebat dari seluruh dunia. Menurut “The Chess In The Olympics Campaign” 605 juta jiwa di dunia tahu bagaimana cara bermain catur. Bahkan sampai di indonesia juga banyak yang bisa bermain catur. Mulai dari anak-anak hingga bapak-bapak bisa bermain catur.
Berikut 10 fakta-fakta yang paling menarik tentang catur :
1. Sejarah yang menarik
sejarah
Tentu Catur pada zaman dahulu dengan zaman sekarang banyak mengalami perbahan. Dan dari waktu ke waktu catur mengalami kemajuan. Pion dapat berjalan 2 langkah ke depan di perkenalkan pada tahun 1280 di spanyol. Dan ada yang namanya “pertukaran pion” dengan benteng, kuda, peluncur(kesatria) bahkan ratu juga bisa. Yang tak bisa adalah menjadi raja. Kalau pion itu bisa jadi raja, permainan catur tidak akan selesai kalau pion-nya tidak habis. (ada2 aja). Ya, sistem penukaran itu telah ada pada abad ke 18 dan 19.
2. permainan bisa selesai dengan cepat dan juga sangat lambat
Ya, catur bisa di selesaikan dengan cepat. Jalan tercepat dengan pasangannya adalah 1. f3 e5; 2. f3 e5; 3. g4 Qh4++ ini disebut juga (Fool’s mate). Dan ada variasi lainnya.
Di dalam pertandingan, ada beberapa nilai/poin yaitu, 2 poin untuk yang menang, dan tentu yang kalah mendapatkan poin 0. jika seri (karna tidak ada jalan, dll) maka nilai 1 untuk masing-masing pemain.
3. Ratu
Ratu
Sejarah telah berkata, bahwa dulu Ratu banyak mengalami perubahan untuk tahap melangkahnya. Awalnya Ratu hanya bisa melangkah 1 sisi diagonal. Saat waktu terus berputar, Ratu pun berevolusi langkahnya menjadi 2 sisi diagonal sama seperti peluncur.
Terus, waktu berjalan dengan semestinya hingga akhirnya bisa melangkah ke segala arah. Ide langkah ke segala arah itu di kemukakan oleh seorang konselor/perdana menteri di eropa dengan nama “FERS”. Dan semenjak itu Ratu menjadi bagian terkuat di catur.
4. Bermain catur dengan mata tertutup
Mungkin dari kalian ada yang menganggap itu mustahil. Tapi kawan, itu tidaklah mustahil. Bermain catur dengan mata tertutup adalah nyata dan telah didokumentasi oleh dunia. Banyak pemain catur berbakat dalam hal ini. Kawan hanya butuh kemampuan yang jeli melihat dan memahami papan catur dengan jelas. Didunia telah tercatat rekor yang belum pernah di pecahkan yaitu dari flesch janos hungaria di budapest tahun 1960. ia sendiri melawan 52 orang dalam waktu bersamaan saat mata tertutup. Ia menang 31 kali dari 31 permainan.
WOW! Excelent.
5. Kemungkinan tak terbatas
Kawan akan mengatur strategi sebelum melangkahkannya. Jika dalam setiap permainan langkah awal-awal anda tidak berubah / sama dengan yang sebelumnya, anda tidak perlu khawatir. Tentu untuk bisa menghindar dari ancaman musuh kalian harus berfikir kritis dan tepat. Itulah yang dapat mencegah musuh untuk menyerang kita. Dan ingatlah! Setiap permaian catur tidak harus memiliki langkah yang sama dengan sebelumnya.
6. Taktik pembukaan
Teori Pembukaan catur haruslah baik dan tidak ngasal. Justru pada pembukaan inilah permainan seru akan nampak. Jika pembukaannya bagus, kemungkinan kemenangan ada di pihak anda.
Teknik pembukaan ada banyak variasi. Jika dikira-kira ada lebih dari 1000 bukaan. Pembukaan termasuk aspek yang unik dari catur. Bagi yang jalan kedua, kita dapat melihat tipe pembukaan apa yang ia pakai. Karna pembukaan itu mencerminkan gaya permainan mereka.
7. Kecepatan waktu dan kemenangan
Winner
Kecepatan waktu adalah seberapa cepatnya kita melangkah dalam hitungan detik. Ya, didalam permainan catur yang resmi tentu menggunakan jam yang khusus untuk mengukur waktu ia melangkah. Ada kemungkinan jika menang dalam pertandingan tersebut, tapi waktu ia lebih lama di bandingkan lawannya, itu akan berakibat buruk, karna bisa jadi ia tidak jadi menang. Maka dari itu dalam permainan catur resmi unsur waktu dan kemenangan itu sangat di utamakan. Dan jangan lupa. Dalam permainan catur resmi, kita diwajibkan menggunakan tangan kanan. Karna jika kita menggunakan tangan kiri, buah catur yang kita langkahkan dengan tangan kiri tersebut akan hilang atau tidak dapat di mainkan.
8. Komputer pemain catur
Catur di komputer sekarang bagian yang sangat penting dari catur.Yangpaling terkenal Garry Kasparov, juara dunia dan dikenal sebagai salah satu pemain terkuat dalam sejarah catur, dikalahkan oleh IBM Deep Blue pada tahun 1997 dalam pertandingan enam-game.
Selain klaim kecurangan, ini adalah kejutan besar kepada dunia catur.
Pada tahun 2006 juara dunia Vladimir Kramnik dikalahkan oleh Deep Fritz, melanjutkan pernyataan kekuatan catur oleh komputer.
Saat ini program-program catur yang mudah tersedia untuk pemain catur yang penting dalam menganalisis dan meningkatkan permainan.Mereka umumnya setingkat dalam kekuatan yang sama dengan grandmaster.
9. Catur dan otak anda
Catur sering dikutip oleh para psikolog sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan fungsi memori Juga memungkinkan pikiran untuk memecahkan masalah yang kompleks dan bekerja melalui ide, maka tidak mengherankan bahwa catur direkomendasikan dalam memerangi Alzheimer. Beberapa berpendapat bahwa hal itu dapat meningkatkan kecerdasan seseorang, meskipun itu adalah topik yang lebih kompleks.
Efek dari catur pada individu muda telah menyebabkan catur sedang diperkenalkan di distrik sekolah dan berbagai negara. Ini telah ditunjukkan untuk meningkatkan nilai anak-anak dan efek positif lainnya.
10. Mesin Catur dari Turki
Mesin catur turki dibuat abad ke-18. Yang menjadi korban tertipu adalah sejumlah orang-orang seperti Napoleon Bonaparte dan Benjamin Franklin, itu sebenarnya bukan mesin.
Termasuk konstruksi yang rumit yang mencakup metode untuk menyembunyikan operator nya, pemain catur manusia ditempatkan di dalam mesin ini.
Ketika mesin itu ada dalam kebakaran rahasia itu terbongkar, dan mesin catur dari Turki tetap menjadi cerita lain yang menarik di sepanjang sejarah catur

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments