14 Pemain Catur Paling Kontroversional di Dunia

Beberapa pecatur ini menarik perhatian dunia! Mengapa? Beberapa alasan diantaranya dimulai dari prestasi mereka, ciri khas bermain mereka, skill spesialis yang diatas genius, dan tindakan kontroversional hingga harus kehilangan mahkotanya.
Siapakah pecatur yang paling kontroversi dan 'heboh' sepanjang masa?
Ini adalah pertanyaan yang menarik, karena patokannya bersifat universal, dan sampai sekarang saya belum pernah dengar tentang survei tentang task ini. Apakah patokannya pecatur terbaik sepanjang masa? Pecatur dengan skill paling diatas rata-rata? Pemain dengan gelar juara terlama sepanjang masa? atau cukup berpatokan berdasarkan rating. Namun, Pastinya para pecatur yang akan dilirik dunia hanyalah yang bermain di tingkat dunia. Yaitu Para Grandmaster, yang memang gelar untuk pecatur terbaik seantaro bumi, terlepas dari sejarah di masa mereka dan mana saja kompetisi yang mereka ikuti.Membandingkan pecatur kontroversi tidak semata-mata hanya mengandalkan permainannya. Jika hanya berdasar skill bermainnya saja, sekarang sudah ada beberapa komputer catur yang super bahkan dengan rating 3000+Patokannya juga termasuk wibawa, kharisma, kepopuleran, kepribadian, merupakan faktor yang sangat penting. Apakah ketika kita senang melihatnya bermain? Apakah permainan pecatur ini paling ditunggu-tunggu jutaan fans? Bagaimana semangat para penggemar untuk mengikuti jejak kalir mereka? Apakah permainan, kharisma, kepopuleran dan kepribadian para pecatur ini mengakibatkan perdebatan sengit tiada henti - atau menimbulkan tanda tanya yang sampai sekarang masih misteri?Hal ini berdasarkan seperti apa kombinasi skill dan kehebatannya saat bertaruk, pengaruhnya terhadap dunia, peristiwa kontroversional, peninggalannya yang terus dikenang, dan kesuksesan. Merupakan alasan mengapa warga dunia banyak tertarik dengan para pemain catur ini, berikut ini 14 Pecatur yang paling heboh sepanjang sejarah percaturan:
14. Vladimir Kramnik
 GM vladimir Kramnik
GM Vladimir Kramnik mempunyai banyak alasan mengapa dia merupakan salah satu pecatur terhebat sepanjang masa, salah satu alasannya adalah di tahun 2000 ia berhasil menyingkirkan 'monster mata sepuluh' Garry Kasparov. Hal itu menjadi salah satu kekecewaan terdalam dalam sejarah olahraga.
13. Anatoly Karpov
 anatoly karpov
Permainan Catur Karpov sangat akurat, dan menjadi salah satu pemain yang paling mendominasi di era Bobby Fischer dan Garry Kasparov.
Pemain catur yang paling terkenal - menarik perhatian dunia :
12. Mikhail Botwinnik
 
Mikhail Botvinnik banyak meninggalkan peninggalan catur yang tak terlupakan, misalnya saja pembukaan, buku catur, dan gaya pengajaraan caturnya yang ilmiah membuat revolusi besar buat sekolah catur sejagat.
11. Fabiano Caruana
 Fabiano Caruana
Mungkin sangat mengejutkan melihat pecatur Fabiano Caruana berada di list dengan sederet legenda catur yang ada. Tetapi tidak bisa disangkal bahwa Fabiano Caruana adalah pecatur elit dan paling meyakinkan dalam sejarah. Skor 7-0 Di awal pertandingan piala Sinqufield 2014 membuatnya hampir peringkat teratas sepanjang masa, membuatnya menjadi ancaman terbesar bagi Juara dunia Magnus Carlsen. Persentase Fabiano Caruana vs Magnus Carlsen sendiri lebih besar persentase menang Fabiano

10. Judit Polgar
 
Judit Polgar menyandang gelar "pecatur wanita terbaik sepanjang masa". Tapi bukan hanya itu saja, saat masih muda, dia dianggap salah satu pecatur terbaik. Karir dan Prestasi yang ia dapat menjadi inspirasi bagi pecatur wanita. Kharismanya membuatnya mendapat banyak penggemar bahkan saat ia pensiun sekalipun.

9. Alexander Alekhine
 
Kecenderungan Alekhine untuk bermain menyerang secara komplek bagaikan bola penghancur di zaman keemasannya. Dan beberapa dekade ini, banyak orang bilang, semangat tempurnya masih hidup diantara pecatur muda hingga sekarang.

8. Mikhail Tal
 
Tal memang sudah diyakini merupakan pecatur tipe penyerang yang paling genius dan kreatif sepanjang masa. Dia menemukan koombinasi rumit nan indah dalam kondisi yang tidak ada apapun, dalam posisi yang bahkan grandmasterpun tak akan memikirkannya,
7. Hikaru Nakamura
 Hikaru Nakamura
Walaupun era modern dikuasai Magnus, namun Hikaru telah menguasai secara mengesankan permainan catur blitz dan bullet (catur cepat). Selain itu dia merupakan pecatur online terbaik dalam sejarah (rating +3000). Karena sering tanding secara online, membuat para pecinta catur sangat sering berinteraksi dengannya. Kecepatannya bermain catur juga jangan pernah kalian remehkan.
6. Viswanathan Anand
 vishy anand
Vishy sudah sering menyabet gelar juara dunia dan menjadi top rating beberapa dekade. Statusnya sebagai raja catur tak perlu diperdebatkan lagi. Tinggal di India-negeri dengan penduduk terbesar menjadi salah satu basis penggemar catur terbesar di dunia membuat popularitasnya terus melonjak.

5. Jose Raul Capablanca
 J.R. Capablanca
Sebagai juara dunia, di zamannya, tanpa terlalu banyak usaha. Membuat orang berpikir pendekatan inisiatif caturnya seperti dari dunia lain. Dan hingga saat ini, Jose Raul Capablanca adalah salah satu favorit penggemar catur saat ini.

4. Paul Morphy
 Paul Morphy
Morphy berhasil menemukan pemahaman dan intuisi baru tentang catur selama dekade dan dipakai beberapa abad lamanya. Ia mengabdi untuk mengembangkan bagaimana permainan catur modern yang paling baik. Sehingga dia menjadi salah satu author catur yang terkenal dalam sejarah.
Salah satu permainan spektakulernya tercatat dalam sejarah dan sangat terkenal yaitu pertandingannya melawan Duke Karl di Paris tahun 1858
3. Magnus Carlsen
 
Usia 24 tahun sudah menjadi juara dunia, itulah Magnus Carlsen. Dia kini berada di puncak karirnya. Dia mungkin adalah pemain catur modern paling top, apabila ia bisa mempertahankan gelarnya selama beberapa dekade. Hal itu mungkin mengingat bakat alaminya di bidang teori modern dan pemahamannya tentang komputer, kurasa ia bisa jadi peringkat kedua
2. Garry Kasparov
 
Kasparov mungkin salah satu orang paling berpengaruh dan paling terkenal saat ini. Bahkan setelah 10 tahun pensiun dari dunia catur profesional. Masa kekuasaannya selama menjadi juara dunia sangat mengesankan dan paling lama dalam list ini. Ia juga mengabdi sangat lama di percaturan, pemahamannya tentang buah catur amat dalam dan pengaturan timing membuatnya menjadi rival untuk komputer.
Bahkan sekarang ia adalah politikus dan sempat mencalonkan diri menjadi presiden FIDE.
1. Robert James Fischer
 Robert Fischer
Semuanya adalah pemain super terkenal, Namun Bobby Fischer berada pada level catur tertinggi. Sebuah level - tingkatan yang tidak pernah dicapai oleh pecatur manapun. Dialah legenda catur sejati. Pertarungan Fischer melawan mesin catur Soviet, Puncaknya saat kejuaraan dunia 1972, saat ia membabat telak Boris Spasky (skor sangat telak), menjadi peristiwa ikonik dalam sejarah. Bobby Fischer menjadi perhatian dunia. Permainannya anti-mainstream, obsesi dan pribadi uniknya. Sebagai orang amerika, Bobby Fischer sangat anti amerika dan imperialisme, membuatnya berurusan dengan negara Paman Sam. Dan akhirnya ia menghilang secara misterius di masa kejayaannya.
Untuk masalah kehebatan bercatur, Bobby Fischer tidak bisa diragukan lagi, menjadi Grandmaster diusia 20 tahunan, di usia 17 tahun (mungkin 16) ia membuat sebuah kombinasi yang mengagumkan
yang menjadikan permainannya salah satu game of the century sepanjang masa. Banyak analis komputer yang menyimpulkan bahwa permainan Fischer adalah yang terbaik.
Sudah 43 tahun sejak kemenangan Fischer dari Spasky di kejuaraan dunia, dan sudah 7 tahun sejak Fischer tutup usia. Namun Fischer lagi, dan lagi menjadi pembicaraan global. Bahkan, kisah hidupnya sempat difilmkan dengan judul Searching for Bobby Fischer.

Mereka semua adalah pemain catur terhebat dimasanya, bahkan sebagian dari mereka masih aktif hingga sekarang dan sebagian juga sudah menjadi legenda catur. 
Yang mana pemain catur favoritmu?

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments