Taktik Catur: Menyerang Raja rokade dengan pengorbanan Uskup klasik

Posisi potongan putihSebelum mempertimbangkan pengorbanan Uskup cahaya putih kuadrat, itu harus memastikan bahwa:uskup kuadrat cahaya putih dalam diagonal b1-H7 dan di sana tidak boleh ada potongan menghambat pergerakan uskup untuk H7 - jika hal ini tidak terpenuhi, tidak ada kemungkinan untuk serangan ini sama sekali dalam contoh pertama

     Tidak ada keharusan bahwa uskup harus menangkap pion di H7 - saya berarti tidak ada paksaan bahwa pion harus ada di H7. Bahkan tidak suatu keharusan bahwa uskup harus memberikan cek pada Raja hitam. Dengan kata lain, Raja tidak mungkin di G8 persegi dalam beberapa kasus kadang-kadang.

     ksatria putih harus telah ditempatkan dalam jangkauan mudah dari persegi g5 untuk memberikan memeriksa Raja hitam ketika menangkap uskup cahaya kuadrat putih; dengan kata lain, kesatria putih harus baik dalam f3 atau h3 atau di e4

     Ratu Putih harus mampu mencapai h5 persegi, jika mungkin, atau lain harus mampu bergerak ke file "h"

Posisi potongan hitam

Posisi potongan hitam harus memenuhi pedoman berikut:

     Potongan harus ada di f7 dan kotak G7. Dalam kebanyakan kasus, itu akan hanya pion, tetapi dalam kasus-kasus tertentu, uskup gelap-squared hitam mungkin akan Di G7

     Jika ratu hitam dan benteng menempati D8 dan kotak f8, maka akan ideal dan kemungkinan serangan terhadap raja rokade mengorbankan uskup di H7 akan berhasil

     Ini harus memastikan bahwa Black Knight tidak berada di dekat alun-alun F6 dan tidak dapat dipindahkan ke lapangan yang langsung.

     Tidak boleh ada ancaman bagi b1-H7 diagonal dari Ratu hitam atau terang-kuadrat uskup.

Putih untuk memastikan bahwa kondisi di atas dipenuhi dengan lengkap sebelum memulai serangan pada Raja hitam dengan mengorbankan uskup kuadrat cahaya.

7. Bxh7 + Kh8
8. Ng5 G6 Putih perlu bergerak Knight untuk membuka d1-h5 baris. 8 ... g6 mencoba untuk mencegah White 9.Qh5

9. h5 Bxg5 Berharap untuk 10.Bxg5 Qxg5 11.hxg6 NF4

10. hxg6 NF4 Mencoba untuk mencegah 11.Qh5
11. Bxf4 Bxf4
12. Bg8 + Kxg8 12 ... Kg7 memberikan hasil yang sama

13. Qh5 1 - 0 Sekakmat tindakan selanjutnya 14. Qh7 # atau 14.Qh8 # tergantung pada bergerak 13 Black

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments