Belajar Taktik Online Di Chesstempo.com Fasilitas Sangat Lengkap Dan Terjamin Kenaikan Level

Salah satu skill catur yang harus dikuasai dengan segera adalah TAKTIK. Taktik sangat penting untuk MENYERANG termasuk memenangkan partai menang, membunuh raja lawan, memenangkan materi, mempromosikan bidak, menjebak lawan dan lain-lain. Taktik juga harus dikuasai agar pertahanan tidak mudah jebol alias taktik untuk bertahan. Termasuk TAKTIK BERTAHAN menyelamatkan Raja sendiri yang terbuka, melakukan serangan balik (counter), menjaga dan mengamankan buah catur yang diserang lawan, melakukan bloking (menghadang serangan lawan), atau melarikan buah-buah catur dari incaran perwira-perwira lawan. Taktik 'kasar' (berakibat langsung kalo salah menangani) selalu muncul dalam permainan catur baik itu di babak OPENING, MIDDLE atau ENDING. Jadi TIDAK BENAR kalo TAKTIK itu dianggap hanya MIDDLE saja. Taktik 'halus' atau disebut dengan TAKTIK POSISI tidak langsung punya efek terhadap hasil permainan tapi lebih ke 'jangka panjang' misalnya MENGUASAI LAJU TERBUKA, MENGUASAI DIAGONAL PANJANG, MENGUASAI PETAK KUAT, MELAKUKAN PERTUKARAN BUAH YANG MENGUNTUNGKAN, dan lain-lainnya. Belajar TAKTIK dengan komputer so pasti akan jauh lebih mudah, cepat, dan menyenangkan daripada MANUAL TANPA KOMPUTER. Dalam 1 jamnya kalo manual paling-paling bisa 10 posisi, dengan komputer bisa 100 posisi (10x lipat). Belajar Taktik dengan komputer bisa dengan software offline seperti CHESSIMO, CONVEKTA, CPT, Chess Hero, Lucas, dll. Tapi bisa juga dengan ONLINE via WEBSITE. Tidak seperi website penyedia BERMAIN CATUR ONLINE yang sangat banyak, website yang menyediakan layanan belajar taktik tidaklah banyak. Salah satunya yang terbaik (menurut saya) adalah CHESSTEMPO yang kita bahas dalam posting kali ini. Fitur di Chesstempo memang sangat banyak dan lengkap sekali. Simak dan baca terus ya...

Chesstempo menyediakan layanan gratis bagi yang tidak punya dana. Hanya tentu saja yang namanya gratis tentu banyak keterbatasan dan fasilitasnya minimal. Setiap user yang sudah mendaftar akan diberi rating sebesar 1500. Rating ini akan berkurang atau bertambah seiring perjalanan waktu menebak dan menyelesaikan posisi taktik catur yang ada di website. Setiap posisi taktik diberi nomor taktik dan RATING sendiri-sendiri. Jika kita benar menebak langkah taktik maka rating kita bertambah. Sedang kalo kita salah, rating kita berkurang sesuai rating dari posisi taktik. Semakin tinggi rating posisi taktik maka pengurangan/penambahan akan semakin besar nilainya. Perubahan rating tidak hanya berlaku bagi user tapi juga diterapkan pada posisi taktik. Setiap user yang menebak benar, rating posisi catur akan berkurang begitu sebaliknya. Jadi bisa dipastikan semakin tinggi rating suatu posisi taktik, maka tingkat kesulitannya akan semakin besar karena tidak banyak yang bisa menebak posisi taktik ini.

Chesstempo menyediakan fitur TAKTIK STANDAR yang tidak dibatasi waktunya dan ini sangat BERGUNA UNTUK MELATIH KALKULASI LANGKAH. Sedangkan TAKTIK BLITZ membutuhkan kecepatan untuk menyelesaikannya. Semakin cepat menyelesaikan problem taktik, penambahan rating akan semakin besar. TAKTIK BLITZ sangat berguna untuk BELAJAR TAKTIK BERDASARKAN PENGENALAN HAPALAN POLA/TEMA atau dalam bahasa Inggrisnya disebut TACTIC based PATTERN RECOGNITION. Perlu diketahui (bagi yang belum tahu tentunya) bahwa TUJUAN BELAJAR TAKTIK adalah DAPAT MENGENALI DENGAN CEPAT (sekitar 5-10 detik dalam pandangan pertama) SUATU POSISI CATUR - MENGANDUNG TAKTIK atau TIDAK baik itu TAKTIK MENYERANG (misalnya ADA KOMBIN ATAU TIDAK) atau TAKTIK BERTAHAN (mendeteksi semua ancaman lawan).

Dengan jumlah TAKTIK yang tersedia berjumlah puluhan ribu posisi taktik (dan masih akan terus bertambah), sangat membantu pelajar catur untuk MEMENUHI SKILL CATUR yang dibutuhkan khususnya TAKTIK, menuju level catur yang setinggi-tingginya. Menurut pengalaman, posisi catur dengan RATING 1500 ke bawah tergolong sangat mudah. Meningkat ke 1600-1800 masih mudah. Baru kalo sudah di atas rating 2000, pecatur pemula biasanya akan kesulitan menyelesaikannya. Rating taktik tertinggi bisa sekitar 3000. Tingkat kesulitan taktik biasanya berdasarkan JUMLAH PERCABANGAN LANGKAH YANG ADA dan kedalaman langkahnya. Semakin banyak cabang langkahnya dan semakin dalam/panjang variasi langkahnya berarti bisa diartikan semakin sulit problemnya.

Fitur yang saya senangi di chesstempo adalah statistik hasil menebak langkah taktik yang pernah dilakukan. Berdasarkan statistik ini kita bisa tahu problem-problem mana yang kita bisa/tidak bisa menyelesaikan (yang salah akan ditandai warna merah, yang benar diwarnai hijau). Juga durasi waktu yang ditempuh untuk menebak langkahnya. Di chesstempo juga diterapkan sistem rangking di websitenya. Untuk rangking 10 besar akan ditampilkan nama/usernamenya di halaman utama website chesstempo.

Selain TAKTIK, chesstempo juga menyediakan PROBLEM ENDING. Semua orang tahu bahwa SKILL ENDING dalam catur AMAT SANGAT PENTING dan WAJIB DIKUASAI OLEH PECATUR. Di Chesstempo kita bisa melatihnya dengan menyenangkan. Ada lebih dari 12 ribu problem ending di sini.

Selain gratis, chesstempo juga menyediakan layanan berbayar yang tentunya akan sangat banyak fitur penambahannya. Jika menggunakan versi BERBAYAR, PROBLEM TAKTIK yang dilatih BISA MEMILIH SENDIRI BERDASARKAN banyak kriteria, seperti PROBLEM BERDASARKAN RATING, BERDASARKAN TEMANYA (misalnya pengen dilatih yang tema LANGKAH SELIPAN saja) ada sekitar 25 TEMA TAKTIK, BERSDASARKAN AKIBATNYA (berakhir MAT atau HANYA MENANG PERWIRA), BERDASARKAN KEDALAM LANGKAHNYA, dan masih banyak lagi kriteria lainnya. Dengan adanya fitur ini, BELAJAR TAKTIK CATUR bisa MAKSIMAL HASILNYA!

Fitur chesstempo versi berbayar lainnya adalah statistik yang lebih lengkap seperti LAPORAN HARIAN, GRAFIK dan TEMA-TEMA mana yang salah/benar dihitung berdasarkan prosentasenya sehingga kita bisa tahun tema taktik mana yang kita lemah/tidak menguasai. Fitur canggih lainnya adalah adanya DATABASE CATUR ONLINE yang terus diupdate isinya oleh pengelolanya dengan partai-partai catur terbaru (saat ini bersisi lebih dari 3 Juta Partai). Pada Database Catur ini kita bisa mencari partai-partai berdasarkan banyak kriteria ala software CHESSBASE yang terkenal. Dengan versi berbayar kita juga bisa bermain catur ONLINE lawan ENGINE CATUR dengan rating yang bisa pilih sesuai kemampuan kita.

Layanan berbayar (Premium Membersihp) di Chesstempo ada 2 kelompok: Silver dan Gold. Yang Silver per bulan kita bayar $3/bulan. Kalo pilih per tahun bayarnya $20. Versi GOLD dengan FITUR MAKSIMAL per bulannya $4, yang lebih hemat adalah yang versi tahunan yaitu $35/tahun.

Situs Chess Tempo:
http://www.chesstempo.com

Karena berbasis website, tentu saja kita tidak bisa mendownoad CHESS TEMPO seperti software Chessimo, Chess Tutor, CPT, Convekta dll. Jadi mau gak mau kita ya harus masuk ke websitenya kalo pengen belajar taktik di Chess Tempo.

Yuk belajar taktik! Karena "Chess is 99% TACTICS", begitu kata para GRANDMASTER!

GENS UNA SUMUS.

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments