Turnamen Catur Yang Bersamaan Waktunya Dengan Bulan Negara Indonesia Merdeka - Agustus 1945

Telah 64 tahun, bangsa Indonesia merdeka dari penjajahan bangsa asing. Seperti telah kita ketahui semua bahwa bangsa Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada hari Jum'at tanggal 17 Agusttus 1945. Waktu itu yang membaca proklamasi adalah Bung Karno dan Bung Hatta di ibukota Jakarta. Saya jadi ingin tahu peristiwa catur apa di dunia yang waktunya bersamaan dengan momen proklamasi ini dan menuliskannya pada posting yang sedang anda baca. Inilah salah satu cara kita sebagai pecatur mengenang dan memperingati Hari Kemerdekaan RI. Apalagi tahun ini menginjak HUT yang ke-64. Semua pecatur tahu belaka bahwa angka 64 adalah angka yang sangat akrab bagi mereka karena 64 adalah jumlah petak-petak dalam papan catur.

Ternyata setelah melihat-lihat arsip di Internet, di Bulan Agustus 1945 (tepatnya 28 Juli s/d 12 Agustus 1945, jadi 1 minggu sebelum Indonesia merdeka) ada turnamen catur tingkat Grandmaster yang bertajuk Pan American Champhionsip 1945 di kota Hollywood - Amerika Serikat, yang diikuti oleh 13 pecatur top jaman itu seperti GM Samuel Reshevksy, GM Reuben Fine, dan pecatur top Amerika dan negara sekitarnya. Turnamen ini termasuk turnamen besar di Amerika Serikat pada jaman itu. Mungkin kalo sekarang ibarat Mayalsia/Singapore/Philliphine Open lah. Setelah bertarung sebanyak 12 Babak setengah kompetisi, turnamen tersebut dimenangkan oleh GM Samuel Reshevsky (USA). Turnamen ini adalah turnamen catur Pan American yang pertama kalinya...

Sumber berita yang bisa dibaca tentang turnamen catur ini bisa diakses di alamat:
http://www.brasilbase.pro.br/pa1945hl.htm

Sumber lainnya bisa diakses di alamat :
http://en.wikipedia.org/wiki/Pan_American_Chess_Championship

Partai-partai turnamen Pan Panama 1945 bisa didownload langsung dengan KLIK DI SINI.
http://www.brasilbase.pro.br/1945pahl.zip
Setiap masa, selalu ada kejadian/turnamen catur yang waktunya bersamaan atau hampir bersamaan dengan peristiwa penting di masa lalu, utamanya yang ada hubungannya dengan kita. Rasanya menarik jika kita mencoba menelusuri kejadian catur apa di waktu lampau tersebut. Misalnya: Di hari kelahiran anda di bumi ini, ada turnamen catur apa waktu itu?

GENS UNA SUMUS

Related Posts:

Loading...
Comments
0 Comments